Berpikir di luar kotak adalah cara berpikir yang berbeza,
atau berpikir dengan cara yang tidak pada umumnya yang terjadi pada seseorang.
Dalam erti kata lain idea atau gagasan yang dimiliki oleh orang yang berpola
pikir think outside the box ini mempunyai pemikiran yang kreatif,
tidak pernah ada, tidak menciplak, berpikir dari dari sudut pandang yang baru.
Pemikiran ini kadang-kadang disebut proses pemikiran yang mengambil sisi lain dari sesuatu.
Pemikiran think outside the box ini banyak ditemui di lingkungan bisnes pengiklanan,
terutama digunakan oleh konsultan management dan eksekutif trainer pengiklanan,
yang telah melahirkan sejumlah slogan pengiklanan.
Idea berpikir di luar kotak tersebut selalu tidak lazim dalam memecahkan suatu masalah,
namun sangat berguna berguna untuk memecahkan permasalahan, kerana pada umumnya cara berpikir seperti ini berani berpikir walaupun gagal.
Dorongan berpikir di luar kotak, saat ini sangat popular di dunia broadcast dan pengiklanan di luar negeri,
dan di Malaysia cara berpikir seperti ini mulai berkembang sejak lahirnya televisyen swasta. dan pada masa ini baru popular di lingkungan broadcast saja, betapa tidak cara berpikir seperti ini menjadi popular kerana
ketidak lazimannya dalam cara mengungkapkan suatu gagasan atau idea. contoh kecil, beberapa iklan petronas yang tayang di stesyen televisyen. Beberapa Iklan Petronas yang ada di TV sekarang patut dipuji, kerana memiliki kreativiti yang luar biasa. Mula dari konsep, pemilihan karakter, hingga teknik pengambilan gambar. Secara terus, penonton pun menjadi turut berfikir, bahkan tercengang "macam mana boleh?".
Timbul satu pertanyaan dalam hati penonton, bagaimana proses pembuatan iklan itu? mulai dari penyusunan konsep, hingga tahap akhir yaitu penanyangan di TV. Iklan Petronas hari raya,hari merdeka, punya daya tarik tersendiri. Konsep iklan yang divisualisasikan tergolong sebagai baru, iaitu memberikan sudut pandang lain yang tidak ada kaitannya dengan petronas itu sendiri. Hal ini mungkin ingin menunjukkan bahwa petronas juga memiliki kepedulian sosial terhadap dunia sosial. Fenomena yang digambarkan cukup jelas, yaitu pengangguran yang masih banyak, dan diantaranya itu hanya satu orang yang memiliki kreativiti sendiri untuk mencipta lapangan kerja sendiri. Idea serta gagasan yang diberikan dalam iklan tersebut, cukup mewakili deskripsi fenomena yang tengah terjadi, hanya dalam durasi yang sangat singkat. Idea yang disajikan dalam iklan petronas tersebut bermuatan perangsangan emosi Mental yang paradoks atau pernyataan yg seolah-olah bertentangan (berlawanan) dengan pendapat pada umumnya atau kebenaran, tetapi pada kenyataannya mengandung kebenaran, pasalnya pada iklan tersebut telah mengubah paradigma yang bersifat tradisional, dengan menunjukan unconventionality menjadi conventionality, suatu hal yang tidak lazim menjadi lazim. Itulah salah satu implementasi dari think outside the box, are you?Sekarang kita kena budayakan pemikiran luar kotak ini.. jadikan rutin.Ni orang dulu kat KATAK BAWAH TEMPURUNG beb.. Moh kita budayakan AUR..A
1 ulasan:
program drag and drop...tj..adalah contoh pemikiran luar kotak...cuba tj..duit ada..jangan bimbang
Catat Ulasan